Kamis, 13 September 2012

Tugas Komunikasi Massa 1



1.  Perbedaan Televisi, Radio dan Surat Kabar Yaitu :

TELEVISI adalah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima gambar yang bergerak serta bersuara,Baik itu Monokrom (Hitam-Putih) maupun berwarna.Penyiaran TV disebarkan melalui gelombang radio VHF dan UHF dalam jalur Frekuensi yang ditetapkan antara 54-890 megahertz. Dan kini gelombang TV juga sudah bisa memancarkan jenis suara stereo. dan seiring berkembangan teknologi, televisi pun juga mengikuti perkembangan itu yang awalnya hanya berbentuk Kotak dengan kaca yang cembung dan dengan hanya berukuran 14inc, sekarang televisi sudah berbentuk kotak dengan kaca yang datar, dan ada pula televisi yang berukuran sekitar 21inc dengan model yang ramping, dan ada pula televisi yang berbentuk kecil.

RADIO adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik. Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). Gelombang radio ada pada frekuensi 100,000 Hz sampai 100,000,000,000 Hz, sementara gelombang audio ada pada frekuensi 20 Hz sampai 20,000Hz. Pada siaran radio, gelombang audio tidak ditransmisiskan langsung melainkan ditumpangkan pada gelombang radio yang akan merambat melalui ruang angkasa. Dan ada dua metode transmisi gelombang audio yaitu melalui modulasi amplitude (AM) dan modulasi frekuensi (FM). Dan radio hanya bersifat suara atau audio saja, tidak tampak adanya gambar atau animasi gambar.

SURAT KABAR adalah salah satu media massa yang berperan penting dalam pendistribusian informasi yang ditujukan pada khalayak atau masyarakat. Selain karena kontennya yang faktual, penerbitan surat kabar juga terjadi secara periodik sehingga masyarakat akan lebih mudah untuk mengaksesnya. Dan seiring perkembangan teknologi, surat kabar mulai melakukan berbagai perkembangan baik dari sisi konten maupun teknologi. Kini surat kabar mudah untuk di akses melalui internet sehingga pembaca dengan mudah untuk mengikuti informasi atau berita yang disajikan.
 
2.  Apa persamaan antara Surat Kabar, Majalah dan Tabloid?

secara kasat mata sudah dapat dilihat persamaan tersebut karena sama-sama sebagai media cetak. Surat kabar, majalah, tabloid sama-sama menjadi berita informasi, yang awalnya surat kabar hanya membawa informasi atau berita yang sedikit berat tapi kini surat kabar juga sudah melakukan evolusi dengan membawakan berita yang cukup ringan, seperti contoh berita atau informasi seputar selebritas, olah raga atau berita hiburan lainnya. Sama halnya dengan majalah dan tabloid.

3.  Proses Komunikasi massa yang anda ketahui dan pakarnya?

Komunikasi Massa adalah suatu proses dimana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas dan secara terus menerus menciptakan makna-makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda melalui berbagai cara (DeFleur dan Denis 1985). (sumber, khalayak, pesan, proses, konteks, media)
Penjelasan : Komunikasi massa melalui Media adalah komunikasi yang dilakukan oleh komunikator terhadap komunikan, dan yang disebut komunikator disini adalah media, dan komunikan adalah khalayak. Media massa mempunyai peran dalam pembentukan persepsi atau paradigma seseorang, media mempunyai peran karena media memberikan atau menyajikan informasi-informasi terhadap khalayak dan sehingga khalayak sebagai komunikan dapat menangkap pesan-pesan yang diberikan oleh media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar