Minggu, 07 Juli 2013

Analisis Iklan Komunikasi Politik



Tugas UAS Komunikasi Politik

Dosen Pengampu : Drs. Hadi Ismanto, M. Si.

Komunikasi Politik adalah komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan aktor-aktor politik, atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah. Dengan pengertian ini, sebagai sebuah ilmu terapan, komunikasi politik bukanlah hal yang baru. Komunikasi politik juga bisa dipahami sebagai komunikasi antara "yang memerintah" dan "yang diperintah". Menurut Gabriel Almond (1960): komunikasi politik adalah salah satu fungsi yang selalu ada dalam setiap sistem politik.

Dan dalam tugas ini saya bertujuan menganalisis iklan dari partai Nasdem, dan berikut adalah profil Partai Nasdem.
Partai NasDem adalah sebuah partai politik di Indonesia yang baru diresmikan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara pada tanggal 26 Juli 2011. Partai ini didukung oleh Surya Paloh yang merupakan pendiri organisasi bernama sama yaitu Nasional Demokrat. Hal ini terlihat dari bisnis media yang dipimpinnya, Metro TV, yang selalu memberikan berita terbaru seputar aktivitas Partai NasDem. Meskipun demikian, ormas tersebut mengatakan bahwa partai tersebut tidak memiliki kaitan apapun dengan partai ini.
Pada Januari 2013, KPU menetapkan 10 partai politik yang lolos tahapan verifikasi administrasi dan faktual, dan menjadikan Partai NasDem sebagai satu-satunya partai baru yang lolos sebagai peserta Pemilu 2014. Pada bulan yang sama, partai ini diramaikan oleh isu terjadinya konflik di tataran para elit partai. Ketua Majelis Tinggi Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh, kabarnya akan dicalonkan sebagai Ketua Umum Partai NasDem pada Kongres Partai NasDem yang akan diadakan pada 25 Januari 2013 di Jakarta. Pada bulan tersebut juga terjadi aksi pemecatan terhadap Sekjen DPW DKI Garda Pemuda Nasdem, Saiful Haq, sekaligus pembekuan kepengurusan DPW tersebut. Pada kongres perdana partai ini, yang diadakan pada Januari 2013, seluruh peserta kongres Partai NasDem yang berasal dari seluruh Indonesia secara aklamasi sepakat mengangkat Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai NasDem yang baru, menggantikan Patrice Rio Capella.




http://www.youtube.com/watch?v=grkov569Xz8

Pada contoh iklan di atas Partai Nasdem yang di ketuai oleh Surya Paloh mengajak para pemuda harus mengawal retorasi Indonesia dan membangkitkan jiwa pemuda Indonesia dengan pidato yang di beritakan dalam  breaking news metro tv pada hari sumpah pemuda. Jenis iklan ini menggunakan teknik iklan politik ialah periklanan  yang dirancanag untuk membangun “citra” kandidat atau  pesan-pesan politik untuk  membangun “image politik yang positif”.
Dalam tujuan partai politik ini menggunakan teknik Propaganda dari kata propagare yang berarti mengembangkan atau memekarkan. adalah rangkaian pesan yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat dan kelakuan sejumlah khalayak
Jacques Ellul (1965) mendefinikan propaganda sebagai komunikasi yang “digunakan oleh suatu kelompok terorganisasi yang ingin menciptakan partisipasi aktif atau pasif dalam tindakan-tindakan suatu massa yang terdiri atas individu-individu, dipersatukan secara psikologis dan digabungkan di dalam suatu organisasi.”
Propaganda Integrasi  : upaya menanamkan doktrin /ideologi agar mampu beradaptasi  terhadap perubahan dalam mengejar tujuan-tujuan jangka panjang
Agitasi : upaya secara koesif agar orang-orang bersedia memberikan pengorbanan yang besar bagi tujuan yang langsung, mengorbankan jiwa mereka dalam usaha mewujudkan cita-cita.
Propaganda vertikal  : propaganda satu satu ke banyak dengan mengandalkan media massa bagi penyebarannya. 

Sumber : 

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_politik
Materi Kuliah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar